Sabtu, 13 Februari 2016

Sederhanakanlah

Terkadang di usia yang sudah memasuki fase pernikahan seringkali kita memiliki kriteria tersendiri untuk calon pendamping, walau kita tahu kata kunci untuk memilih itu adalah yang baik agamanya, namun acap kali kita melebih-lebihkan kriteria tersebut, menambah kriteria yang lainnya, yang nyatanya hanya akan menumbuhkan kekecewaan.

Banyak wanita, atau mungkin sebagian wanita menginginkan lelaki yang mapan, tampan, dan wibawa serta bisa membimbing dan bisa dibanggakan di mana saja, apalagi di acara pertemuan keluarga, namun wanita harus ingat, tak selamanya kriteria itu bisa didapatkan bahkan mungkin yang Allah hadirkan justru kebalikan dari apa yang kita inginkan, Allah menguji kita dengan hal itu, masih sanggup kah kita menunggu yang ideal? sementara yang sederhana mampu membuat kita semakin dekat denganNya.

Dan, kebanyakan lelaki tentu tahu memilih wanita itu karena 4 hal, kecantikannya, kekayaannya, kesuburan nya, dan yang utama Agamanya. Sayangnya banyak lelaki yang menambah kriteria lainnya, seperti pintar masak, modis, berpendidikan tinggi, keturunan keraton, Astaga kalaulah kita tahu, wanita yang agamanya baiklah yang akan mampu memberikan segalanya.

Karena kita tidak pernah tahu teman, apa yang akan kita lalui setelah akad nikah hari itu, semuanya rencana Allah, bisa jadi Allah akan menguji kita dengan hal-hal yang menggoyahkan keyakinan kita, betapa banyak wanita yang menikah dengan lelaki kaya, namun setelah menikah Allah cabut nikmat kaya itu, dan akhirnya hanya ada perceraian, betapa banyak lelaki yang memilih wanita karena kecantikannya dan Allah uji ia dengan kecelakaan yang akhirnya mengaburkan kecantikan itu, lalu akankah kekecewaan mengikis keimanan?

Perbaikilah teman, tak salah, sungguh tidak salah jika kita melebihkan kriteria, tetapi ingatlah mintalah sesuatu karena Allah, wanita yang mencintaimu karena Allah, lelaki yang memilih mu karena Allah, bagaimana mungkin kita akan kecewa kepada Allah yang lebih tahu urusan kita, bagaimana mungkin kita akan kecewa kepada Dzat yang nyawa kita dalam genggamanNya .

Jangan berlebihan, jangan terlalu berlebihan, sederhana kan lah, jika yang sederhana mampu menjaga keimanan mu kenapa harus berpaling menjauhiNya, jika yang sederhana mampu menopang dakwah dan agamamu, kenapa yang menjauhkanmu dariNya yang kau pilih.

Sederhanakanlah agar kau tidak kecewa, agar apa yang kau impikan tidak terlalu jauh dengan apa yang kau dapatkan.  Jadikanlah Allah alasan kau memilih nya, patner dalam hidup dan juga dakwah, bersatu membangun agama, bukan malah menjatuhkan mu dari jalan ini, bukan yang membuatmu lupa bagaimana berjuang di jalan Dakwah, bahkan yang akhirnya memutuskan hubungan mu dan nga Dakwah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar